Faktor Kecanduan Bermain Game Online

  • November 11, 2019

Faktor kecanduan bermain game online.  Dikarenakan padatnya kegiatan atau pekerjaan, seseorang lalu mencari hiburan untuk melepaskan penatnya. Hiburan yang tersebut tidak selalu berlibur ke tempat wisata atau pergi ke tempat hiburan malam. Namun tidak sedikit pula hiburan tersebut dengan bermain game melalui ponsel pintarnya.

Ya, bermain game online kini dapat diakses dengan mudah. Internet sekarang sudah menjangkau diberbagai tempat di Indonesia. Hingga anak-anak yang masih duduk di bangku sekolahpun sudah mulai memainkannya. Mereka dapat berjam-jam di depan ponsel hanya demi mengalahkan lawan hingga terkadang lupa waktu untuk belajar dan bermain bersama kawan-kawannya.

Yang sering dialami oleh orang yang sudah kecanduan adalah mata terasa lelah, kepala pusing sebab menatap layar ponsel terus menerus, dan kram pada jari-jari tangan. Sedangkan akibat yang lebih parah lagi munculnya penyakit mental pada diri seseorang yang kecanduan.

Menurut WHO (World Health Organisation), kecanduan game online termasuk dalam daftar penyakit mental pada laporan ICD-11 (International Calssification of Diseases edisi). Bahkan tindakan kriminal juga terjadi sebab kecancuan game tersebut, seperti pencurian yang dilakukan oleh remaja maupuan orang dewasa yang mencuri rokok, uang hingga merampok penjual di pinggir jalan.

Kecanduan game diakibatkan dari beberapa faktor. Menurut dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) menuturkan bahwa kecanduan game dipengaruhi oleh faktor psikologis, biologis dan sosial.

Faktor Psikologis

Pada dasarnya seseorang yang bermain game online sering kali diberikan atau disuguhkan dengan adanya konten atau tampilan yang menarik. Apalagi jika sudah masuk level yang lebih tinggi, maka daya tarik pada game tersebut akan meningkat.

Faktor Biologis

Neurotransmitter dopamine pada seseorang yang sedang bermain game akan meningkat sehingga meningkatkan rasa senang pada dirinya. Pada seseorang yang memiliki gangguan neurotranmitter dopamine akan rentan kecanduan game yang dimainkan secara online tersebut.

Faktor Sosial

Faktor sosial ini sering datang dari orang-orang sekitar seperti keluarga yang sudah mengenalkan game online sejak kecil. Hal tersebut akan mengubah pola pikir anak yang berbeda dan enggan untuk bersosialisasi karena sudah nyaman dalam bermian game.

Dapatkan manfaat dari bermain game online yang bisa Anda dapatkan saat ini dan mainkan dengan mudah simak di link https://aduqiuqiu.com.

Beberapa hal yang menyebabkan kecanduan dalam bermain game online. Bermainlah disaat waktu luang dan usahakn untuk selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti belajar dan bersosialisasi dengan orang sekitar.

Maureen

E-mail : admin@maitreyainfo.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*